Campur Sari

Standar

Karena belakangan ini kerjaan gw banyak banget, maka kali ini gw mau berbagi cerita ato lebih tepatnya nge-review buku-buku yang pernah gw baca secara campur sari. Buku pertama yang gw baca bulan ini (Desember, red) adalah Nocturnal.

 

 

nocturnal

nocturnal

Buku ini menjadi teman bacaan gw selama dalam pesawat menuju Cengkareng. Novel bergenre teenlit ini berkisah tentang hidup Adel. Adel adalah keturunan Nocturnal, manusia setengah kucing yang memiliki sembilan nyawa. Ia tinggal di Jakarta bersama ibunya, sedang ayahnya telah meninggal. Namun kehidupannya yang aman dan tentram di Jakarta tidak bertahan lama. Ia dipanggil ke Adlerland, negara asal ayahnya.

Adel yang telah disembunyikan ayahnya selama tujuh belas tahun di Indonesia terpaksa menuruti perintah neneknya, sang Baroness, untuk kembali ke Adlerland. Adel akan dilatih dan dipersiapkan menjadi pengganti neneknya, menjadi ketua klan keluarga mereka.

Buyar sudah impian Adel untuk menjadi balerina profesional, karena tuntutan keluarganya itu, yang tak memungkinkannya memiliki kebebasan. Kehidupan Adel berubah drastis karena beban teramat berat yang harus ditanggungnya; menjadi tonggak yang menjaga keutuhan klan besarnya, serta mencegah kehancuran negara dari ancaman yang terlalu besar untuk ditanganinya sendiri. Namun, di Adlerland ini akhirnya Adel dapat pelajaran berharga, mana orang yang bisa dipercaya dan mana yang tidak.

Novel ini mengingatkan saya pada beberapa novel teenlit lainnya. Sebut saja D’Angel. Penulis kedua novel ini, benar-benar memanfaatkan imajinasinya menjadi suatu hal yang tampak nyata. Ato ini memang nyata? Antalah.

Nah, waktu hari terakhir gw di Depok, gw beli buku banyak di Detos dan salah satunya Ayat Amat Cinta. Jadi deh novel itu membawa gw menghabiskan waktu dari pukul 15.00 ampe 21.00 di Bandara Soekarno-Hatta (liat nanti tulisannya di sini yang part 3).

 

ayatamatcinta

ayatamatcinta

 

Seperti yang dikatakan oleh sang penulis, jangan kaitin buku ini sama AAC, jauh banget ama tuh pilem. Kalo pilem Ayat-Ayat Cinta bikin kita nangis, nah buku Ayat Amat Cinta ini bikin kita meringis ngakak. Kalo gak percaya buruan deh beli. Tapi bacanya di kamar, jangan di dalam kelas, kan bisa berabe,  nanti malah disangka ketawin dosen lagi dan siap-siap aja dapet E..hE..hE.hE. Yang jelas buku ini akan berhubungan dengan Ayat, Amat, dan Cinta. Yang paling penting, nih buku cocok banget buat kamu yang hobi ketawa. Sebuah komedi cinta pembangun tawa, begitu deh yang bakal kamu dapet dari buku ini.

Setibanya di tanah kelahiran, gw bener-bener haru biru. Pasalnya gw memang gak mudah ngelupain persahabatan yang baru aja terbentuk selama seminggu di Jakarta sono. Alhasil gw cari bahan bacaan lagi, kebetulan Gramedia kedatangan banyak buku baru. Buruan deh gw kejar tuh buku.

Buku yang gw baca selanjutnya adalah Brondong Lovers karangan Stephanie Zen.

 iktn0530big

 

Dari judulnya, jalan cerita dalam buku ini pun udah ketebak, yaitu anak tua suka sama anak muda. Selaku anak tua alias yang punya umur lebih tua adalah Nasha, sedangkan yang anak muda alias masih junior adalah Dave.

Awalnya Nasha sebel banget sama juniornya yang nyolot, ya Dave itu. Sejak hari pertama MOS, Dave kerjanya terus membantah apapun kata Nasha dan ogah untuk bekerjasama dalam kegiatan kelas yang dipimpinnya. Tapi, pas Nasha berantem sama mantannya yang supernyebelin, Kevin, si nyolot Dave ternyata membela Nasha. Begitu pula pas Nasha terjatuh hingga terkilir di kemping penutupan MOS, Dave ngebela-belain menggendong Nasha sampai tenda. Dan sejak itu mulai lah muncul rasa cinta di antara mereka. Basi banget gak tuh? Tapi…ni ada tapinya, sobat semua musti tahu ada yang beda. Dalam buku ini pembaca akan diajak untuk melihat konflik yang berbeda. Gak percaya? Ya, udah kalo gak percaya…he….

 

Kemudian gw baca Matemacinta, yang bercerita tentang Rin. Rin, cewek tomboi berusia 17 thn, sering bikin ulah di sekolah dan di rumah. Dia sering terlambat sekolah, sering pula nyuri mangga tetangga. Suatu hari Rin kepergok Rio, keponakan si pemilik rumah.

Nasib sial masih membayangi Rin. Ternyata guru matematika pegganti di sekolah Rin adalah… Rio! Rio kayaknya hobi banget bikin perkara sama Rin. Nama pangilan Rin diganti jadi “Marmut”. Rin juga dikasih PR seabrek. Rio sampai nantangin Tommy, cowok gebetan Rin, buat tanding basket.

Tapi benar kata orang bijak. “Kita nggak bisa nentuin kapan dan pada siapa kita jatuh cinta.” Dan… Rin kena batunya! 

 

matemacinta

matemacinta

 

 

Einstein…Karena kali ini buku tentang kisah hidup Einstein. Barangkali sebagian dari kita tidak pernah tahu betapa sulitnya hidup Einstein sebelum pemikiran dan teorinya diakui kebenarannya. Dia sempat frustrasi saat duduk di bangku sekolah, sampai-sampai ingin berhenti. Sekalipun nilai matematika dan fisikanya tertinggi di sekolah, nilai-nilai pelajaran lain sangat buruk karena dia sering bolos dan hanya asyik bereksperimen di laboratorium. Rasa ingin tahunya yang begitu besar, sehingga mendorongnya untuk selalu bertanya dan mempertanyakan segala sesuatu, dianggap “mengganggu” orang lain, khususnya para guru, dosen, bahkan profesor yang mengajarnya. Setelah lulus universitas dengan nilai fisika tertinggi sekalipun, nasib baik belum berpihak pada Einstein. Dia sulit cari kerja dan menjadi pengangguran selama dua tahun. Yang lebih menyedihkan, status kewarganegaraannya sebagai orang Jerman dicabut oleh Hitler. Sekalipun mengalami begitu banyak hambatan dan cemoohan, minat Einstein pada fisika tidak pernah surut. Dia membaktikan hidupnya untuk melakukan berbagai eksperimen. Hasil-hasil riset ilmiah Albert Einstein dan teori relativitas khususnya yang termasyhur menciptakan kembali ilmu fisika dan mengubah cara kita memahami dunia kita. Tak heran bila Einstein dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada tahun 192 1. Dalam biografi yang dikemas ringan ala manga namun amat inspiratif ini, kita diajak menyusuri kisah hidup Einstein sebagai murid yang penuh perjuangan, sebagai ilmuwan muda yang selalu ingin tahu, dan sebagai guru bijak yang bekerja untuk perdamaian dunia. Lebih dari itu, para guru dan orangtua bisa belajar bagaimana menyikapi, mendidik, dan mendampingi anak-anak … siapa tahu mereka adalah calon orang besar di kemudian hari.

 

Karena dikemas dalam bentuk manga, maka tak hrrtan jika ditemukan ekspres-ekspresi yang berlebihan. And pasti akan tertawa membacanya.

  

 

einstein

einstein

Abis itu gw baca Autumn in Paris. Novel ini bercerita tentang Tara dan Tatsuya.

autumn_in_paris

autumn_in_paris

 

Tara Dupont menyukai Paris dan musim gugur. Ia mengira sudah memiliki segalanya dalam hidup… sampai ia bertemu Tatsuya Fujisawa yang susah ditebak dan selalu membangkitkan rasa penasarannya sejak awal.

 

 

 

 

 

 

 

Tatsuya Fujisawa benci Paris dan musim gugur. Ia datang ke Paris untuk mencari orang yang menghancurkan hidupnya. Namun ia tidak menduga akan terpesona pada Tara Dupont, gadis yang cerewet tapi bisa menenangkan jiwa dan pikirannya… juga mengubah dunianya.

Tara maupun Tatsuya sama sekali tidak menyadari benang yang menghubungkan mereka dengan masa lalu, adanya rahasia yang menghancurkan segala harapan, perasaan, dan keyakinan. Ketika kebenaran terungkap, tersingkap pula arti putus asa… arti tak berdaya… Kenyataan juga begitu menyakitkan hingga mendorong salah satu dari mereka ingin mengakhiri hidup….

3 responses »

  1. Ndra kapn pembagian hadiahnya.and dimana??????cepatan donk ndra,coz q mau hadiah yg dari loe.mang nya g’ da hadiahnya.klw g’ da hadiah bawa ja q jalan-jaln ma lu rumbai.he.he………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s