Makna Tahun Baru

Standar

Wah, gak terasa udah mau taon baru aja. Tak tanggung-tanggung, dua tahun langsung dilalui dalam beberapa hari lagi. Tahun Hijriah dan tahun Masehi. Lalu apa makna tahun baru yang sebenarnya?

Bagi gw pribadi, taon baru adalah taon dimana kita kudu mengospek mengintropeksi diri ato kalo bahasa kerennya bermuhasabah. Dimana pada saat itu gw harus nyiapin diri untuk lebih bagus dari taon yang akan gw tinggalkan. Hal itu gw lakukan biar nantinya gw gak bakal jadi orang yang merugi, apalagi jadi orang yang melarat. Gw maunya untung. Siapa sih yang ada di dunia ini gak mau untung?

Setelah gw itung-itung, ternyata prestasi gw taon ini, 2008 ato 1429 H, tidak terlalu bagus. Artinya gw merugi dong? Jawabnya gak. Kenapa? Karena gw punya pengalaman dan teman yang lebih banyak ketimbang taon-taon sebelumnya. Dan itu menjadi tolak ukur bagi gw untuk membandingkannya dari taon-taon sebelumnya.

Ternyata tanpa gw sadari, taon 2008 ato 1429 H adalah taon gw menghabiskan jurnal paling banyak, 9 jurnal dalam setaon. Ngapain aja tuh? Nih gw kasih kronologis singkat perjalanan hidup gw yang gw himpun dalam jurnal itu (sangat disayangkan, karena gw hanya ngimpun dalam taon Masehi. Moga taon depan, gw nambahin pake taon Hijiriah. Sayang banget kan, taon gw selaku umat Muslim gak digunain. Padahal sejarah dibalik Hijiah itu luar biasa besarnya).

Januari

-Gw buat film dokumenter tentang anak kos dalam Kospetition. Setelah dua bulan proses penilaian, ternyata gw gak menang.

-Gw bareng temen-temen seangkatan buat acara Lomba Masak Nasi Goreng antar angkatan di kampus sekaligus gw jadi MC.

-Gw diajari Adhe bikin blog. Dan ini lah blog sederhana itu yang udah menginjak tahun ke satu.

Februari

-Gw diminta jadi pembantu asisten dosen dalam hal memegang kunci. Gak terlalu sedih..he..

-Gw sibuk moto-moto objek buat cover gw. Namun hingga kini tuh novel masi menumpuk di meja redaksi salah satu penerbit. *sampai kapan gw harus menunggu.hiks.hiks*

-Gw diundang ama anak-anak scul gw dulu tuk dukung Final DBL di Hall A Stadion Rumbai. *gak nyangka, scul gw bisa masuk final.*he..

-Gw buat tulisan dan foto buat ikut lomba yang diadain Honda. Tapi sayang pas gw ngumpul, semuaya udah terlambat. Pas gw kirim via e-mail, kagak mau. Padahalkan hari terakhirnya tanggal 28 Feb. Nah, gw kan ngirimnya siang, tapi gak bisa juga.

Maret

-Gw ikut lomba foto lingkungan di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Jawa Timur.

-Suksesi Hima dan gw kepilih di Divisi Diknalar.

-Nyiapin bahan-bahan untuk Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) Tingkat Universitas.

April

-Gw ikut program pertukaran pemuda antar negara, tapi gagal karena gak punya keahlian seni budaya khusus.*nahan air mata*

-Gw nampil KKTM tingkat Universitas dan hasilnya gw mewakili Unri untuk Regional A.

-Panitia Olimpiade Kimia ke-6, gw jadi tim soal dan April itu udah mulai kerja.

Mei

-Gw buat tulisan tentang lingkungan untuk Bayer Environmental

-Gw studi lapangan ke Perkebunan Sawit PTPN V Sei Galuh buat penyempurnaan karya tulis yang akan dilagakan di Regional A

Juni

-Gw ke Universitas Andalas, Padang, ikut KKTM Regional A dan gw cuman dapet Harapan 2. Pupus sudah harapan ke Unissula, Semarang untuk ikut tingkat nasional.

-Kunjungan studi ke Kementrian Lingkungan Hidup wilayah Sumatera.

Juli

-Gw lolos seleksi I beasiswa ke Jepang (Monbu) tapi gw berubah pikiran n gak jadi ikut tes selanjutnya di Medan.

-MOT Juralistik Siswa/i SMAN 10 Pekanbaru.

Agustus

-Olimpiade Kimia 6 dilaksanakan dan gw selaku tim soal semakin bertambah sibuk dengan penambahan-penambahan soal.

-Gw diundang Talk show Bukunya Ayuwidya, CLBK Bikin ribet di Mall Pekanbaru.

-Gw jadi orator dalam aksi pawai 17-an di Unri. Gw dapet no.3. Mayanlah, padahal gw banyak gak hapal tuh lagu kebangsaan. Jadi ketauan deh pada saat itu…malu bener..he..he

-Keponakan gw ulang tahun n gw jadi MC

-Gw dapat proyek bikin database prodi. Fiuh..benar-benar pekerjaan yang melelahkan.

September

-Rapat Pembentukan panitia reuni alumni Darmasiswa Chevron Riau dan gw didaulat jadi ketua.

Oktober

-Gw berhari raya di Pekanbaru cuman 3 hari. Ya iyalah, tgl 6 langsung kuliah.

-Gathering Darmasiswa Chevron Riau 2008 di Rumbai Country Club-PT Chevron Pacific Indonesia.

-Jadi fotografer dadakan acara Olimpiade yang diadakan oleh Kantor Depag Riau.

-Gw ikut presentasi produk kreatif dan inovatif di Unri Expo 2008. Gw berhasil jadi juara 1. Namun, sampai saat ini gw gak tau siapa yang ngambil hadiahnya.

November

-Gw ikut seleksi tingkat daerah Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi seluruh Indonesia (OSNPTI) 2008 dan gw berhasil lolos 33 nasional (gak tau deh peringkat berapa sebenarnya)

-Undangan acara Comdev di PT Chevron Pacific Indonesia

-MOT Jurnalistik (Penulisan Cerpen dan Novel) siswa/i SMA se-Pekanbaru di MAN 2 Model Pekanbaru

Desember

-Gw lolos seleksi pusat OSNPTI 2008 di Universitas Indonesia, Depok dan di sana sampai 10 Desember 2008.

-Persiapan penelitian tentang remaja bersama BKKBN Riau.

-Siapkan Kumpulan Cerpen dan Insyaalah 2009 terbit nasional.(asalkan jangan ditumpuk terus seperti nasib novel gw).

Demikian kronologis singkatnya perjalanan hidup gw di taon 2008. Mengenai prestasi nulis, taon 2008 memang gak sebanyak taon-taon sebelumnya. Kebanyakan tulisan gw hanya berbentuk resensi dan artikel yang dimuat di media cetak. Selebihnya gw gak ada ikut, kebanyakan gw buat tulisan buat nyalurin hobi aja. Gw tau suatu saat tulisan yang gak gw ikutin lomba ini pasti berguna. Buktinya, gw bisa jadiian cerpen-cerpen yang gw buat jadi Kumpulan Cerpen (Kumcer).

Sedangkan untuk buku, gw mengalami peningkatan dari taon sebelumnya. Buku yang dibaca taon ini kurang lebih 107 judul buku dan sekitar 85 judul buku pernah diresensi di media cetak dan blog. Ini tidak lepas dari kebaikan hati dari beberapa penerbit yang dengan senang hati memberikan gratis buku-buku itu dengan syarat gw kudu nge-review. Terima kasih buat penerbit, terkhususnya Gramedia, yang bener-bener memuaskan nafsu baca gw yang begitu besar.

Bagi gw taon baru bener-bener bermakna buat memaknai hidup. Dan untuk taon 2009 ato bertepatan dengan 1430 H gw pengen lebih baik, biar jadi orang-orang yang beruntung sebagaimana yang diharapkan Tuhan. Nah, buat sobat semua, apa sih makna taon baru bagi sobat?

Comment terkeren bakal mendapat penghargaan “Menjulang Awards” untuk kategori The Best Comment dalam acara puncak 1st Anniversary Alpha and Omega. Ditunggu ya comment-nya paling lambat 10 Januari 2009 ato bertepatan dengan 13 Muharram 1430 H.

8 responses »

  1. tahun baru adalah lembaran baru dimana kita harus memulai hidup ditahun yang baru dengan prestasi yang lebih baik ( palingkurang, sangat kurang malah sama dengan) dari tahun selumnya. Kan Rasullullah pernah bersabda, brang siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yangberuntung, barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemaren maka dia sangat merugi, dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemaren maka laknat Allah atasnya. bukan begitu???

    aq sekalian nanya, gimana cara dapetin buku gratis macam tu???

  2. ya, kudu harus kenal sama bos penerbit dunk…he..he..

    kagak kok. awalnya aku iseng nge-review buku2 yg pernah dibaca di Riau Pos n di sana aku masukin e-mail n alamat aku…

    mungkin karena review aku bagus, makanya ada beberapa penerbit yang nawarin bukunya bwt diresensiin…

    jadi ampe sekarang, aku terus nge-resensi, biar terus dapet buku gratis.

  3. seperti biasa yah agenda kk tiap taon padet,
    tapi baguslah…
    kita itu memang harus menghargai tiap tarikan nafas dan tiap detik yang kita lewati.
    karna, dalam satu kedipan mata segalanya bisa terjadi,
    kelahiran, kematian, bahkan perang.
    jangan terlalu jauh memikirkan apa yang telah kita lakukan ditahun yang lalu.
    coba ingat lagi apakah pekerjaan kita hari kemarin sudah tuntas kita kerjakan?
    apa tadi kita sudah memanfaatkan waktu dengan maksimal?
    INGAT! setiap waktu yang telah lewati tidak akan bisa kita kembalikan.
    semua pilihan ada pada diri kita sendiri apa kita ingin memanfaatkan waktu atau dimanfaatkan waktu?
    karna itu, belajarlah menghargai semua waktu yang akan kita lalui.

  4. padat amat jadwalnya,
    tap baguslah..
    kita kan memang harus memanfaatkan waktu yang kita punya.
    setiap detak jantung, setiap helaan nafas, dan setiap kedipan mata harus kita syukuri dan hargai.
    tak perlu jauh mengingat hingga setahun yang lalu.
    coba review lagi hari kemarin apa semua tugas kita sudah kita selesaikan?
    ingat! ketika kita mengedipkan mata, kematian bisa terjadi, perang bisa pecah, dan bom bisa dijatuhkan.

  5. tahun baru yaitu d mana kita akan memasuki gerbang baru dalam kehidupan dan kita dapat menjadikn tahun yang sebelumnya untuk menjadi tahun peng_introspeksi_an diri dalam berbagai hal.agar tahun yg akan datang kita tidak lagi menjadi orang yg merugi d sisi HJJ4(allah red).dan kita juga hrus mempunyai beberapa planning dalm kehidupan agar kita nantinya tidak kehilangan arah dan tujuan hidup.karna menurut pepatah minang yg sangat populer adalah”TIME IS MONEY”

  6. maaf ketinggalan!!!Nra to the point ja yach GW mengucapkan HAPPY BIRTHDAY UNTUK KEPONAKAN MU YANG PERTAMA.mudah-mudahan keponakan lu bsa menjadi orang yg baik,patuh pada orang tua,dan satu hal yg terpenting bisa mejadi anak yg shaleh dan pintar kaya’ oncunyo(loe red)

Tinggalkan Balasan

