OSNPTI, Iodometri, dan Malam Hari

Standar

“Sibuk-sibuk! Mahasiswa itu nyantai. Kirain kakak, Indra gak tau. Tuh liat aja di tipi-tipi.”

Gue sungguh menyesal pernah ngomong gitu ke senior yang udah tamat, yang gak pernah lagi singgah ke sekolah, karena udah kuliah dengan alasan sibuk di kampus. Waktu itu gue nyangka kakak itu diam karena bersabar, tapi sekarang gue tahu, dalam hati pasti dia bilang, “Bentar lagi kamu akan merasakan juga anak muda.”


Ternyata benar, kuliah itu sungguh menyita waktu. Memang sih, datangnya suka-suka kita. Si dosen mah asyik-asyik aja, tapi pas masuknya, jangan terkejut kalo jadi kambing congek yang ompong lagi terbengong-bengong.

Senin kemaren, pas bertepatan dengan 3 November 2008 dan bertepatan lagi dengan….., gue ikut Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSNPTI) bidang kimia. Awalnya gue gak mau ikut, abis prosedur pendaftarannya gak jelas dari pihak universitas. Tapi karena banyak permintaan (weleh, kayak artis pulak) gue akhirnya ikut. Dari fakultas gue yang ikut tiga orang, gue, Adhe, dan k’ Hotma. Kalo keseluruhannya ada 38 orang. So, yang 35 orang lagi dari fakultas lain.

formulir pendaftran gw

nih dia formulir pendaftaran gue…

Lombanya dimulai serentak jam 10.00 wib di Indonesia bagian barat, 11.00 wita di Indonesia bagian tengah, dan 12.00 wit Indonesia bagian timur. Paginya gue belajar di kelas Fisik I. Rencana sih gak masuk, biar aja bolos sekali. Tapi masalahnya gue udah ambil jatah sekali dan hanya punya satu kesempan lagi biar gue boleh ikut ujian. Ya udah gue kuliah aja. Eh, karena asyik belajar gue lupa waktu, jam tangan gue bilang kalo sekarang udah pukul 09.15. Maka dari pada itu, gue ngajak Adhe, yang juga teman sekelas, buat cabut bareng. Alhasil kami nyampe di FMIPA, tempat dilaksanakannya OSNPTI daerah Riau, di nomor terakhir. Wah, ternyata hanya kami yang ditunggu. Ck…ck…ck…

Tidak terlalu lamu buat memastikan, kalo gue memang belum pantes buat ngikutin nih olimpiade. Bayangin aja, dari 60 soal, hanya 22 soal yang terjawab. Mau gimana lagi, cuman itu yang rasanya baru dipelajari. Adhe kalo gak salah ngisi 25 gitu, kalo kak Hotma mungkin lebih. Bisa aja sih jawab pake logika, seperti kata bapak-bapak pengawas dari Jakarta. Tapi masalahnya sistem minusnya gede amat, benar + 3, salah -2. Biar ajalah isi 22 asal bener semua, dibanding ngisi semua tapi hasilnya minus…sok yakin euy!!!!

Rencananya, gue udah mau pulang, karena memang 22 itu yang rasanya yakin, tapi berhubung Adhe dan K’ Hotma masih semangat, ya gue kecipratan deh. Untuk menghilangkan stress, gue pun berfoto ria. Tapi baru aja mulai foto-fotonya, anak FMIPA pada ngkiut. Jadi deh, background foto kami adalah anak-anak FMIPA yang narsisme abis…kayak gue gak aja..hue

s6302313

adhe, kak hotma en gw

habis dari ikut olimpiade, gue langsung masuk kelas DDPMIPA. Trus lanjut lagi ama Praktikum Analitik I. Nah, di sini gw bener-bener menderita. Bayangin aja, praktikum berjudulkan Iodometri tak kunjung melihatkan titik akhirnya. Jangankan melihat warna birunya ilang, warna birunya aja gak keliatan. Yang belum tau Iodometri, gih sana liat Ilmu Kimia Analitik Dasar, karangan W. Harjadi. Tepat pukul 5 sore, praktikum dihentikan. Dan akan dilanjutkan minggu depan abis Argentometripusing,kan jadi anak Kimia…makanya masuk kimia aja…loh??????

Selesai Ashar, gw pun rencana mau pulang, rasanya mau mampus aja. Tapi tiba-tiba gw dihubungi ama dosen. Kerjaan gw nolong dosen kemarin belum selesai. Makanya gw cek. Eh ternyata, banyak banget yang mau diperbaiki. Akhirnya dengan ikhlas gw nyelesain tuh tugas yang ngedit angka-angka yang begitu menjelimet. Jam 7 malam, semuanya selesai, termasuk selesai salat magrib.

“Akhirnya gw pulang juga,” batin gw. Tapi ada yang lupa. Setelah cek ricek schedule, ternyata ada yang terlupakan. NGUMPULKAN TUGAS ANORGANIK II!!!!!!

“Mampus. Bapak ni pasti marah,” batin gw makin heboh. Pasalnya tadi siang bapak tu minta kumpulin, gw lagi tes. Lagi pusing-pusing gitu, gw matiin aja tuh hape….dan yang lebih parah lagi, GUE BELUM SELESAI!@$#$@@**&

Bermodal nekat gue pun beranjak malam-malam dari kampus ke rumah bapak itu. En sesuai petunjuk yang diberikan bapak itu (ternyata bapak itu gak marah n ngasi alamat rumahnya malah) gue menuju rumahnya di sekitar spbu jalan durian. Setiba di spbu, gue gak nemuin perumahan yang dimaksud bapak itu. Daripada pusing nyari-nyari, akhirnya gue sempetin ngerjain tuh tugas. Di bawah cahaya lampu jalanan, gw ngerjain tuh tugas. Benar-benar gak pernah gw alami sebelumnya.

Tepat jam setengah 9, tugas gue selesai dan gue langsung tancap cari rumah tuh bapak. Alhamdulillah ketemu dan gw dapet juga pulang. Gw nyampe di rumah jam setengah 10. Dan langsung tak sadarkan diri dalam kamar yang sepi………



22 responses »

  1. padat kali dong bang jadwal nya.apa gak terlalu capek punya jadwal yang kayak gitu.trus kapan punya waktu untuk kumpul bareng ma keluarga nyaa?so your time only your spend in your campus.but it’s OK and i think your more importantant your future for to be a charming and usefull boy for U’r country,family,neighbour,U’r self and U’r girlfriend.

  2. @bli dan lita
    he…tapi banyak loh enaknya jadi masiswa…ikut ESQ murah, ikut seminar diskon, misalnya…tapi capeknya guna juga nanti klo udah kerja…iya gak sih????

    @rina
    gak segitunya kalek…tapi kalo pas lagi banyak kerjaan n lomba keknya bisa dibilang gitu juga….

    @rini
    jangan salahkan kalo balas smsnya sering telat…sudah tau kan? he….peace…

  3. YA………………PEACE JGA.dari dulu rini sudah ngerti kok.bisa d hitung juga abng balas SMS nya tepat waktu.tapi gak papalah itu semua kan karna kesibukan abang selama ini.ya khannnn?thanks ya ternyata annswer dari rini d e_mail nya bang juga d balas.rini bilang abang gak bisa nengok HOMEPAGE lagi lantaran kesibukan abang yang begitu padat nya.ampe2 orang gak bisa ngebayangin punya jadwal sepadat jadwal yg abng poenya.yang menagalahkan jadwal Bpk.RUZLI ZAENAL KITA.HA……….HA….(‘^’)

  4. Wah..wah…ribet ya jd ank kimia…??
    Pasti,ga lama lg ntar pake kaca mata trus kepala botak sampe org bs ngaca,he..he..
    Calon propesor pasti gt..,,

    eh minta referensi tentang iodometri dunk..soalnya kami jg baru praktikum itu…he..he,

  5. Ping-balik: Berbagi Cerita Seleksi Pusat OSNPTI 2008 « alpha and omega’s weblog

  6. luar biasa… itu mngkin yang bisa qu ucapin sama kerja keras yang indra lakuin, sampe buat tugas dibawah temaram lampu jalanan, cari rumah dosen malam2. kalo aq sih ogah, g sempat kumpul ya wes lewat… aq ni orang nya suka cepat putus asa, tapi itu dulu, skrang mudah2an g lagi biarpun ada sdkit sisa2nya, contohnya skarang, kawanku lagi asik ngetik bundel laporan, eh aku malah asik nge-net. yah g taulah…semoga si ade yangmalas ini cepat berubah menjadi yang lebih rajin buat tugasnya di tahun yang baru ini amin….

  7. waw………..boom bgt tuch..ndra …..
    funya seabrekk…….aktipitas tp msh pit ajach….
    saluuuuuuuuuu…………………..t abiezzzzz dech……!!!!!!
    mang maem apa sich ndra kok bs gto………..?????
    heheheheheh…..

  8. makanya klo punya agenda dijadwal dl klo perlu pk lock book…jd biar kagak sering lp…kisah yg bgitu berarti utk 1 hr yg pjg…

Tinggalkan Balasan

