Cinta Sejati Tak Pernah Mati

Standar

Judul : P.S. I Love You
Penulis : Cecelia Ahern
Penerbit: Gramedia, Jakarta
Cetakan : Kedua, Pebruari 2008
Tebal : 632 halaman

Cecelia Ahern adalah putri Perdana Menteri Irlandia. Jarang sekali seorang putrid seorang pejabat ada yang tertarik pada dunia tulis menulis. P.S. I Love You adalah novelnya yang pertama sekaligus filmnya yang pertama. Kok? Ya, novelnya diangkat menjadi sebuah karya seni melalui penampilan audio visual, yang disebut film. Sebelum menjadi penulis, ia mendapatkan gelar dalam bidang jurnalisme dan studi media.

P.S. I Love You berkisah mengenai seorang perempuan Dublin bernama Holly. Belum lama ini Gerry, suaminya meninggal karena tumor ganas. Sebelum penyakit Gerry mengganas, mereka adalah pasangan yang bahagia. Ketika Gerry tiada, Holly kehilangan sahabatnya, kekasihnya, batu karangnya, dan hidupnya terasa hampa. Ia menjadi sosok wanita yang rapuh, sosok wanita yang rasanya tidak bisa lagi hidup tanpa suami yang ia idam-idamkan semenjak SMA.

Namun Gerry tak membiarkan Holly sendiri. Dia meninggalkan seikat surat untuk dibuka oleh Holly setiap bulannya. Seiring bulan-bulan berlalu, Holly menjadi lebih tabah. Bersama sahabat dan keluarganya, ia menangis, tertara, serta belajar mengenal dan menjalani hidup ini. Seperti kata Gerry di surat pertamanya,

“Ingatlah semua kenangan manis kita, tapi jangan takut menciptakan kenangan-kenangan baru.”

Akhirnya ia sadar, bahwa hidup memang untuk dijalani dengan sepenuh hati, apalagi setelah ia tahu ada malaikat yang mengawasi setiap langkahnya, yaitu Gerry.

Sungguh luar biasa novel karangan putri perdana menteri ini. Jika diibaratkan dengan hotel, karya Cecelia ini adalah serupa dengan hotel berbintang lima. Bagaimana tidak? Kita disuguhkan benar-benar dengan kenyataan bahwa cinta itu benar-benar ada dan untuk melupakan sedetik saja kisah cinta kita itu, pasti sangat sulit sekali. Apalagi jika kisah cinta itu baru berlangsung sebentar dan harus diakhiri dengan kematian.

Belum lagi konflik batin yang dimunculkan oleh Cecelia yang sangat fantastis. Para pembaca akan terlena berjam-jam untuk terus membaca novel setebal 632 halaman ini sampai habis. Mungkin bagi pembaca profesional saja, tidak bisa menebak endingnyam saking bagusnya Cecelia memainkan tokoh Holly dan tokoh lainnya.

Memang benar kata orang, “Cinta sejati tak pernah mati…”

Pertanyaan:

Menurutmu cinta sejati itu seperti apa sih?

Jawab pertanyaan itu melalui comment di halaman ini dan rebut hadiah novel terbaru terbitan Gramedia.

Paling lambat comment ditunggu tanggal 20 April 2008.

Awas jangan sampai ketinggalan

13 responses »

  1. kmaren itu juga udah bli novel nya nih, tp blm sempet dibaca2 ampe skrg.. bru smpet ntn doank. emang bagus banget sih.

    cinta sejati itu kayak apa?
    kalo menurut aku sih, cinta sejati itu bukan sekedar di mulut doank, tapi juga ditunjukkin dengan apa yang dilakukan orang itu sama apa yang dicintainya.
    dia cukup mencintai dan kalau yang dicintai mencintai dia balik, itu berarti suatu balasan yang luar biasa. kalo yang dicintai ga balik mencintai dia, dia ga menuntut yang dicintai harus mencintainya balik, soalnya dalam hal ini, kita ga meminta tapi memberi. namun ketika yang dicintai juga memberi (hal yang diinginkan orang yang mencintai seseorang), itu merupakan hal yang paling membahagiakan buat orang itu.
    yang dipentingkan bukan diri sendiri, tapi orang yang dicintai. jadi, bukan masalah apakah yang dicintai mencintai balik, karena yang dipentingkan adalah yang terbaik buat orang yang dicintai.

  2. cinta sejati itu cinta yang tak pernah mati. dia akan selalu ada. bagaimana pun kita melupakannya, bagaimana pun kita menghiraukannya. mungkin kita melupakan, menghiraukan, tapi tanpa sadar, cinta itu tetap ada. tidak akan pergi🙂

  3. Cinta sejati adalah cinta kepada Tuhan dan Sesama, cinta yang dengan tulus dilandasi dengan keyakinan yang kuat tanpa ada embel-embel nafsu dibelakangnya. CInta sejati akan selalu hadir disetiap mahluk yang ingin merasakan nikmatnya kasih sayang.

  4. belum baca novelnya, tapi udah nonton filmnya. dan, sumpah!gue baru kali ini nonton film hollywood yang bisa sampe bikin gue menitikkan air mata…:D

    cinta sejati?honestly, i cannot find the perfect words to describe it!

    Sejatinya, cinta memang selalu memberi. Memberi yang terbaik dari yang kita miliki. walau cinta itu terkadang membuat kita menangis dan merasa sakit, tetapi kita tidak pernah berhenti untuk mencinta. Karena kita yakin, bahwa cinta itu lebih banyak membawa kebahagiaan daripada penderitaan dan rasa sakit itu sendiri. Seperti ketika kita mencintai Tuhan, tentu kita akan memberikan ibadah yang terbaik untuk Tuhan yang kita cintai itu. Atau ketika kita mencintai sesama. Hanya dengan melihat mereka, terkadang kita sudah bisa merasa bahagia. Dan tentunya, sekali lagi, kita akan memberikan yang terbaik untuk orang2 yang kita cintai disekitar kita. Atau ketika kita mencintai pasangan kita. Apapun yang terjadi, cinta akan tetap ada dan bersemi dihati kita.

    Cinta sejati tidak hanya diucapkan dengan kata-kata, cinta sejati juga tercermin dari setiap perbuatan. jadi jangan mencap seseorang memiliki cinta sejati, tanpa dibarengi dengan sikap yang sama dengan ucapannya.

    Cinta sejati yang bisa….
    memberi tanpa harus menerima….
    dia membawa damai…
    dan bahagiakan jiwa….

    eh, kok malah nyanyi sih…?

    Anyway, jika kita telah menemukan cinta sejati itu, rengkuhlah ia, jangan pernah dilepaskan. Karena kau akan menyesal nantinya…..:D

  5. cinta yang tak pernah terdefinisikan. saat cinta itu terdefinisi bukan cinta lagi namanya karena akan ada syarat. bisa dirasa meskipun tak jelas jelas dikatakan.

    salam,
    za

  6. cinta sejati ?
    ukuran orang pacaran ? jalan bergandengan tangan
    ukuran suami istri ? jalan..dilarang saling mendahului

    agh, payah ndra menjawabnya….
    cinta sejati itu, tunggu mati baru bisa ngejawabnya…..

  7. Waduh…! Ni novel udh ngerubah pandangan gue ttg arti cinta deh…

    pokoknya ni Novel patut di acungi ampe 4 jempol deh…

    Ceritanya unik, asik, ampe menghanyutkan pembacanya…

    Gue udh nonton filmnya ampe baca novelnya…

    menurut gue kedua2nya d’ bez deh…

    walau film ma novel agk brbeda dikit, tapi ga ngerubah inti cerita yang mau d sampaikan…

    yaitu, Cinta Sejati t ga akan mati….

    never deh…!

  8. Saya juga merasakan cinta sejati dari seseorang benar apa yang terjadi itu gak masuk akal, dan sangat indah rasanya, rasanya ingin hidup seribu tahun karena akhirnya aku juga mencintainya, pertama aku tidak menghiraunya, karena cinta sejati gak pernah mati aku jalani memang sangat nikmat kita menerima cinta yang sejati,,,, salam buat penulis artikel ini

  9. cinta sejati???
    entahlah…
    tak bisa diungkapkan walaupun kata-katanya dirangkai indah bak karya2 khalil gibran. tak bisa didefenisi seperti apa dan bagaimana wujudnya.
    apalagi ditimbang atau ditakar.
    yang tau pasti apa dan bagaimana cinta sejati itu hanya kita.
    karna kita yang rasakan betapa tulus kasih sayang yang diberikannya.
    dan cinta sejati bagi setiap orang berbeda2.
    bisa pada penciptanya, orang tua dan saudaranya, sahabatnya, atau pasangannya.
    tapi ketika kita tau cinta sejati kita, dekati ia dan jangan biarkan ia jauh. karena tak mudah mendapatkan ketulusan itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s