Indahnya Masa SD

Standar

 tn1.jpg

Dimuat juga di Harian Riau Pos, Edisi Ahad 2 Maret 2008

Penulis : Ken Terate
Penerbit : Gramedia, Jakarta
Cetakan : Pertama, Januari 2008
Tebal : 240 halaman

Ternyata tidak hanya masa SMA yang dilirik penulis, kisah masa-masa transisi dari SD menuju SMP pun menjadi sajian yang layak. Alasannya sih, anak SMP-kan juga remaja. Dia adalah Ken Terate, salah satu penulis yang melukiskan kisah anak SD yang memasuki SMP. Jurnal Jo, begitu judul novel Ken Terate yang menjadi buku kelimanya.

Novel setebal, 240 halaman ini bercerita tentang Jo yang kini memasuki masa remaja dan harus meninggalkan kisah SD-nya. Banyak sekali peraturan yang harus ia lakukan hingga nama remaja benar-benar lekat padanya.

Tidak boleh memakai celana pendek; punya baju dan aksesoris yang oke; harus memakai deodoran (walau geli rasanya); memakai pakaian dalam yang seharusnya, sesuai pertumbuhan; harus punya geng yang keren (meski mereka sangat menjengkelkan, tahan saja daripada dicap remaja kuper); dan terakhir harus punya pacar (syarat supaya kamu diakui sebagai remaja keren). Begitu kira-kira segelumit peraturan menjadi seorang remaja yang ia dapatkan. Setelah dilaluinya, ternyata Jo merasa berat untuk melalui masa SMP nya yang mengerikan. Jo kangen berat pada masa SD-nya hingga dia pernah berharap agar tidak tumbuh. Apalagi Jo mulai kehilangan sahabat baiknya dari SD dan dikhianati cowok yang dia kagumi.

Cerita ini sungguh akan mengingatkan kita pada masa-masa SD dulu yang Jadul abis. Kekocakan dan keluguan kita di masa SD akan teringat kembali dengan membaca buku ini. Kita seolah-olah diseret kembali pada masa-masa yang menyenangkan itu, masa-masa kita hanya diberi tugas ketika ujian dan tidak perlu memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan orang dewasa. Baca novel ini dan nikmati lah kembali masa SD Anda!***

 

3 responses »

  1. Yang ini tak dilombakan,,,,tapi kalo mo ngasih comment tak aoa-apa….
    Pokoknya kalo baca nih novel kalian bakalan tertawa sendiri, kek bukunya si “kambing”..Tapi gak sebodoh itu…He…Peace….

  2. Masa SD??? Pasti ga AKAN Pernah terulang lagi… Yah…walaupun ga semua orang merasakan kebahagiaan, pasti ada juga yang meraskan “pahit”, namun yang namanya anak-anak, tetap anak-anak donK!!! Hidup masa anak-anak!! GA nyambung….

  3. Wow…hebad…zamansd baheula masih inget aja…hahaha….

    aku gak bisa komen banyak nih, karena ingetanku payah banget, apalagi jaman sd yang dulu. Total lupa!!!

    Yang pasti, keknya seru nih…makasih ya ndra udah dikasih rekomen bacaanm bagus n berkualitas dan juga menyegarkan…:)

    Ken Terate kalo gak salah anak blogfam juga yah???

    hihihii….
    😉

    Thanks ndra…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s